Total Tayangan Halaman

Kamis, 04 Desember 2014

Pengertian LAN,WAN,MAN,Intranet dan Internet

1.Local Area Network
       LAN adalah singkatan dari Local Area Network. Secara umum,pengertian LAN adalah suatu jaringan di mana peralatan-peralatan hardware dan software digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN pada awalnya dikembangkan di komputer mini, tetapi justru populer setelah PC banyak digunakan. Dengan adanya sistem LAN ini, maka beberapa PC yang tadinya bekerja sendiri-sendiri, pada akhirnya dapat bekerja sama dalam batas-batas tertentu, bahkan juga dengan sistem komputer yang lebih besar. LAN menjadi sedemikian populer karena secara umum dapat digunakan sebagai peralatan otomatisasi kantor. LAN juga bisa dihubungkan dengan jaringan lain, baik lewat kabel telepon, wireless, satelit, maupun internet.


Pengertian LAN (Local Area Network)
      Jaringan LAN biasanya terdiri atas:
  • Server (komputer server): server dalam LAN adalah satu atau lebih komputer yang menggunakan sistem operasi server. Tugas server secara umum adalah menyediakan media simpanan dan service-service lainnya sehingga komputer-komputer dalam jaringan bisa menggunakannya baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
  • Client (komputer client): Client adalah komputer yang menggunakan sistem operasi client (misalnya Windows 7 atau 8) dan terhubung ke LAN. 
  • Gateway: Gateway adalah peralatan dalam jaringan yang berguna untuk melakukan komunikasi dengan jaringan lain.
Sesuai dengan namanya, LAN hanya bisa menjangkau daerah yang areanya terbatas (local), misalnya dalam satu gedung, satu departemen ataupun satu kampus. Oleh karena pendeknya jarak yang ada, kecepatan transmisi data menjadi sangat tinggi. Media transmisi data yang digunakan pada LAN biasanya berupa kabel untiran seperti halnya yang digunakan pada kabel telepon. Kabel LAN ini sering disebut juga kabel UTP.

2.Wide Network Area
 WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

3.Metropolitan Area Network
 Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

4.Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.


5.Internet
 Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

SUMBER :Dari berbagai sumber.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar